Alasan Dj Norman Jay MBE Tidak Mencari Irama Yang Sempurna – Beberapa DJ dapat mengklaim telah mempengaruhi budaya Inggris secara signifikan seperti Norman Jay MBE . Lahir di Notting Hill dari orang tua India Barat, apresiasinya terhadap musik asal kulit hitam dimulai sejak masa kanak-kanaknya: melalui koleksi jazz ayahnya dan rekaman ska, blue beat, dan soul yang dipercayakan untuk dibeli untuk acara keluarga.

Alasan Dj Norman Jay MBE Tidak Mencari Irama Yang Sempurna

normanjay – Seiring bertambahnya pengetahuannya, begitu pula ketertarikannya dengan musik dari AS. Ketika dia tiba di New York pada tahun 1979, dia beruntung bisa menyaksikan adegan disko yang berkembang pesat di kota itu dan mampu menerjemahkan energinya ke Good Time Sound System miliknya , di Inggris.

Dia membawa gaya funk, soul, dan disko ke Notting Hill Carnival tak lama kemudian risiko yang membayar dividen untuk pembuat selera yang keras kepala mengukuhkan tempatnya dalam perayaan sejak saat itu.

Baca Juga : Norman Jay MBE Musik Melakukan Apa Yang Tidak Bisa Dilakukan Politisi

Tapi karnaval itu baru permulaan. Ketika fenomena radio bajak laut bergulir, dia kembali berada di tengah-tengah banyak hal, menyiarkan set rumah di Kiss FM dan menyampaikan siaran resmi pertama mereka pada tahun 1990.

Ketika dia dan Gilles Peterson menyatukan kepala mereka, rekaman Talkin’ Loud lahir, sebuah bagian integral dari gerakan Acid Jazz yang meluncurkan karir banyak seniman Inggris berbakat.

Setelah menyaksikan acara musik penting seperti itu, melihat tren dan teknologi datang dan pergi kami tertarik untuk bertanya apa yang Jay rasakan mendefinisikan, atau inti dari, DJ-nya hari ini.

‘Saya menyukai kenyataan bahwa orang banyak yang tampaknya menarik bagi saya, memiliki cinta dan apresiasi yang tulus terhadap sebagian besar jenis musik.’ dia menjawab. “Saya tidak tahu siapa yang menemukan ‘jack of all trades, master of none’ ini, tetapi itu adalah kesalahan besar,” serunya, ‘Saya nyaman dan kompeten dengan segala bentuk musik berbasis hitam: dari lima puluh tahun yang lalu hingga sekarang. ke minggu depan!’

Menghubungkan perasaan itu dengan hubungannya yang telah lama terjalin dengan Manchester, Jay menambahkan ‘Saya melakukan hal rumah, hal alur yang langka, hal jazz asam, hal 60-an / mod itu hebat. Saya benar-benar tersanjung dan merasa terhormat bahwa saya diundang kembali ke kota untuk bermain di begitu banyak tempat yang berbeda Saya dapat dengan jujur ​​mengatakan bahwa saya tidak pernah memiliki pertunjukan yang buruk di Manchester.’

Keyakinannya tidak salah tempat. Jay dianugerahi MBE untuk jasanya terhadap deejaying dan musik pada tahun 2002 – sebuah penghargaan yang hanya diterima oleh segelintir orang di posisinya dan yang menegaskan kembali pentingnya karyanya yang bertahan lama.

Seperti yang dia katakan kepada Guardian segera setelahnya: ‘…Saya merasa sangat bangga sebagai pria kulit hitam Inggris yang dalam beberapa hal telah secara positif mencerminkan pengalaman orang-orang saya.’

Komentar-komentar itu tetap relevan hari ini, dan saat percakapan kami berlanjut ke liputan skandal Windrush, jelas penghargaannya menempatkan penderitaan mereka yang kewarganegaraannya dipertanyakan, ke dalam konteks.

‘Pemerintah Inggris tidak menambah hak kami, itu hak lahir kami, jika tidak, mereka tidak akan mampu menjadikan saya MBE,’ dia menekankan, ‘Saya dari generasi imigran Karibia yang sebenarnya diundang untuk datang di sini oleh pemerintah Inggris, untuk membantu membangun kembali dan menjalankan negara setelah perang.’

Ditanya apakah dia ingin melihat respon artistik yang lebih luas, mengingat karya terbaru seperti Shabaka Hutchings , dia menjawab ‘Yeh, tapi itu semua terjadi, apakah publik menyadarinya atau ingin mengambilnya minat yang lebih besar di dalamnya.

Kami tidak harus meningkatkan permainan kami lihat bawah permukaan dan kami membuat kontribusi yang valid untuk British budaya, seni dan musik setiap menit sepanjang hari.’

Komentarnya tentu saja benar. Antusiasme dan sifat kepribadian Jay adalah kunci penemuan musiknya dan pertemuan sehari-hari yang membuatnya tetap terinspirasi.

‘Saya suka menganggap diri saya sebagai DJ orang,’ katanya, ‘Saya berbicara dengan banyak orang ketika saya di kota, saya tidak hanya pergi ke toko kaset: saya pergi ke toko pakaian, tempat keren di mana Anda hanya bertemu orang baik, belum tentu terhubung dengan musik’.

Alih-alih mencoba mengikuti perkembangan musik kontemporer, ia membiarkan pertukaran semacam ini memandu penemuannya. ‘Musik yang bagus sepertinya selalu menemukan saya – saya tidak pernah benar-benar harus keluar dari jalan saya untuk menemukan musik yang bagus.

Saya menyadari apa yang terjadi di sekitar saya, tetapi tidak sampai saya harus membeli rekaman baru setiap minggu. Saya tidak melakukan streaming atau mengunduh sesuatu seperti itu.’ Seperti kata pepatah lama, ‘pengalaman adalah guru terbesar.’

London tetap menjadi rumah Jay, tetapi hubungannya dengan Manchester sangat dalam. Dia ingat bermain di Yellow , malam yang pernah tinggal di The Boardwalk dan sering dikunjungi oleh ‘teman lama’ Dave Haslam , belum lagi datang ke kota sebagai clubgoer di tahun tujuh puluhan. ‘Saya juga seorang pengendara skuter, jadi saya pergi ke sana ke Manchester dan berbicara dengan anak laki-laki skuter tua, saya punya teman jiwa utara di sana dari tahun tujuh puluhan dan delapan puluhan ada semangat yang fantastis, terutama di Northern Quarter, ada faktor “merasa baik” yang nyata.’

Baca Juga : Freddy Cole Menampilkan Tradisi Vokal Keluarga Royal Cole di Old Lyme Jazz Club

Sabtu 12 Mei akan melihat Norman Jay MBE kembali ke Band on the Wall untuk pertama kalinya dalam delapan tahun dan kegembiraannya terbukti. ‘Wow, rasanya baru beberapa tahun yang lalu!’ katanya, terkejut. Namun dengan sound system-nya yang sudah hampir empat puluh tahun dan jadwal manggungnya yang semrawut seperti biasanya, wajar saja jika waktu berlalu begitu saja. Jay selesai mencari dan kesenangan bisa datang kepadanya: ‘Saya tidak mencari ketukan yang sempurna,’ dia terkekeh, ‘Saya sedang mencari waktu yang tepat.’ .

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
RSS
Follow by Email